10 Hal Penting Yang Perlu Ditampilkan Pada Website Bisnis Anda

19.31

website bisnis

jasa pembuatan web tangerang - Bisnis kecil memiliki keunggulan di banding perusahaan besar, misalnya karena memiliki ciri-khas yg tidak dipunyai oleh perusahaan korporasi. Perusahaan yang kecil dapat melakukan eksperimen lebih luas dan bebas di banding perusahaan yang telah maju. Langkahnya yaitu dengan menonjolkan kreatifitas dan kepribadian unik yang hanya dipunyai olehnya sendiri.

Dimana saja industri bisnis kecil Kamu berdiri, awalilah untuk menceritakan mengenai siapa Kamu dan apa yang Kamu lakukan. Begitu customer juga akan menilainya apakah mereka juga akan beli product/layanan dari Kamu atau tidak.

Bila Kamu menggerakkan sebuah toko on-line, sudahkah situs Kamu mempermudah customer untuk mencari info tentang product Kamu? Apakah customer dapat temukan kontak perusahaan Kamu dengan mudah? Apakah hal penting yang perlu di ketahui oleh customer mudah diketemukan? Banyak point penting yang perlu Kamu perhatikan ketika membuat sebuah situs toko on-line atau e-commerce.

Berikut ini yaitu 10 point penting yang diperlukan oleh customer saat berkunjung ke situs bisnis Kamu :

1. Apa yang Buat Bisnis Kamu Unik?
Pertanyaan ini harus dapat Kamu jawab dengan keterangan yang jujur dan semenarik mungkin. Baiknya Kamu memberikan biografi manajemen yang menerangkan ketrampilan, jam terbang dan segi unik beda yang buat bisnis Kamu berlainan dari yang beda.

Pada intinya, Kamu harus dapat menerangkan aspek khusus dari bisnis Kamu, dan kenapa customer harus beli product Kamu. Hal semacam ini sering terlewati pada banyak situs bisnis karena yang memiliki maupun desainer situs berkaitan belum juga melakukan rencana strategis yang diperlukan.

2. Berikan Dengan Terang Tentang Bisnis yang Kamu Tawarkan
Pernahkan Kamu berkunjung ke sebuah situs yang buat bingung? Misalnya saja Kamu tidak tahu apa yang mereka menawarkan, product apa yang mereka jual, apa sajakah layanan yang ada dan hal yang lain.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada customer Kamu dan jadi berbuntut meninggalkan situs bisnis Kamu (bounce), konsentrasi untuk menghadirkan info penting pada halaman utama. Tunjukkan pada umumnya info tentang product dan layanan yang Kamu menawarkan. Janganlah lupa untuk menempatkan tautan ke setiap halaman keterangan detil product berkaitan.

Hal semacam ini belum juga dengan penuh dilakukan banyaknya pelaku bisnis melalui situs mereka. Pasalnya banyak pertimbangan beda misalnya customer juga akan malas untuk menelepon dan bertanya info selanjutnya bila semua info telah ‘ditumpahkan’ di halaman utama.

Tetapi hal itu baiknya Kamu pikirkan kembali, karena memberi info yang cukup untuk calon customer mungkin adalah aspek penting untuk membuat ketentuan mereka untuk beli. Bila customer merasa kurang memperoleh info yang mereka kehendaki, mereka juga akan berpindah ke pesaing Kamu.

3. Kontak Info
Mungkin terdengar kurang masuk akal, tapi banyak perusahaan yang kurang terbuka tentang alamat mereka. Beberapa memilih untuk menggerakkan semua bisnis dan transaksi dengan on-line saja dan mengakui tidak lihat alasan penting untuk mempublikasi alamat dan nomor telpon. Sesaat beberapa yang lain masih tetap beroperasi di rumah hingga merasa enggan juga akan asumsi kurang profesional.

Tapi langkah penting ini yaitu salah satu cara untuk membuat kredibilitas dan keyakinan dengan customer. Nomor telpon, alamat komplit bahkan juga bebrapa photo pendukung sangat menolong untuk tingkatkan keyakinan customer.

Tunjukkan alamat terang (walau tidak terima kunjungan) juga akan memberi rasa nyaman pada customer kalau bisnis Kamu memang riil dan tidak fiktif.

4. Third Party Validation
Seperti yang banyak dilakukan oleh toko on-line di Indonesia, baiknya Kamu menghadirkan testimonial, daftar customer, project yang sempat Kamu lakukan, penghargaan, publikasi di media dan hal yang lain yang juga akan menaikkan aspek keyakinan customer.

Customer juga akan tertarik untuk ketahui perubahan bisnis dan bagaimana pengalaman customer sebelumnya yang telah memakai product Kamu.

Disamping itu, daftar client sangat penting untuk tercantum pada situs, terutama bila client Kamu yaitu bisnis atau perusahaan besar. Customer juga akan lihat kalau Kamu memiliki kredibilitas tinggi dengan terdapatnya perusahaan besar yang sempat memakai product Kamu.

5. Secure Socket Layer (SSL)
SSL adalah system enkripsi yang membuat perlindungan keamanan pertukaran data pada customer dengan situs, terutama bila Kamu memiliki situs toko on-line yang memakai kartu credit untuk transaksi. Customer perlu memiliki rasa aman untuk belanja dengan on-line di situs Kamu. Pakai SSL dan infokan dengan terang pada customer kalau situs Kamu memiliki feature keamanan untuk transaksi on-line.

6. Navigasi
Buat situs Kamu mudah untuk dipakai, jangan pernah customer kesusahan temukan apa yang mereka mencari. Rancang sistem belanja dan “window shopping” jadi senyaman dan semenarik mungkin.

Jadi yang memiliki situs Kamu harus juga pelajari data pengunjung. Misalnya dari halaman product mana mereka datang, product apa sajakah yang sering di cari pada kotak pencarian, product apa sajakah yang sering dibeli dan yang lain. Begitu Kamu dapat mengutamakan product apa sajakah yang ingin dipertunjukkan pada situs.

7. Panduan Bertransaksi yang Jelas
Beri arahan step-by-step yang pasti dan terinci pada customer tentang cara belanja atau memakai layanan di situs Kamu. Beri juga panduan apa yang perlu dilakukan oleh customer bila terjadi hal yg tidak harusnya.

Bila Kamu kirim product melalui ekspedisi, beri info biaya kirim, estimasi pengiriman dan cara mencari paket untuk customer. Step ini harus dilakukan sebelumnya keseluruhan biaya yang perlu dibayarkan oleh customer dipertunjukkan agar mereka tidak kecewa.

Panduan Bertransaksi
Siapkan info atau pentunjuk bertransaksi yang mempermudah pemakai
Diluar itu, tunjukkan juga info tentang cara pengembalian barang yang tidak cocok dan garansi uang kembali bila ada. Lalu beri juga kontak customer service atau layanan pengaduan yang dapat dihubungi dengan cepat oleh customer.

8. Feature untuk Memberi Respon
Kamu pasti ingin lihat pendapat customer mengenai apa yang telah Kamu beri pada mereka. Ajak dan beri feature untuk customer untuk memberi komentar tentang product yang mereka beli dari Kamu. Siapkan kontak form atau alamat email yang dapat dipakai oleh customer untuk mengemukakan kritik dan anjuran.

Pikirkan juga untuk memberi bonus yang dapat menarik ketertarikan mereka untuk menceritakan. Bisa saja Kamu dapat memperoleh pengalaman menarik dari customer yang memakai product atau layanan Kamu, ini dapat jadi bahan artikel bagus untuk situs (blog) bisnis Kamu.

9. Call to Action yang Jelas
Customer memerlukan sebuah tombol yang pasti untuk mulai transaksi, apakah itu “Buy Now” atau “Daftar Newsletter” atau “Klik di sini untuk info lebih lanjut”. Tapi banyak situs bisnis yg tidak sediakan hal yang diperlukan oleh customer begini. Jikalau ada, terkadang masih tetap dipertunjukkan berbentuk, warna dan tempat yang kurang terang. Bila Kamu telah memiliki pengunjung, maka ini saatnya untuk mengarahkan mereka agar beli product Kamu.

10. Tawaran Khusus dan Personalisasi
Beri penawaran menarik yang sesuai khusus untuk customer Kamu dan katakan nama mereka didalam email. Penawaran dapat berbentuk potongan harga atau voucher dalam jumlah nominal yang menarik. Kamu dapat juga memberi kartu perkataan terima kasih yang ditulis tangan atau bonus yg tidak dijelaskan sebelumnya.

You Might Also Like

0 komentar