Cara Mudah Membuat Website Online Shop Gratis

19.06

Membuat Website Online Shop Gratis

jasa pembuatan web jakarta barat - Karena tutorial ini akan sangat panjang maka juga akan saya persingkat saja dan saya untuk dalam beberapa subbab hingga mempermudah pembaca dan agar tidak bosan. Selain itu juga akan saya terangkan setiap step dengan detil agar nanti setelah membaca artikel ini pembaca dapat mengerti arti dari setiap step dan dapat menggerakkan situs on-line shop dengan mandiri nantinya. Yakin atau tidak, di sini saya juga akan memberi tutorial buat on-line shop yang bagus, tidak abal-abal, tahan banting, fast load dan pastinya Free. Untuk demonya dapat kamu saksikan di sini. (Janganlah di pakai berbelanja, itu Demo! 😀) Oke segera saja berikut langkah-langkahnya…

Tetapkan CMS 
Sebelumnya buat on-line shop, terlebih dulu tetapkan CMS apa yang juga akan dipakai. CMS yang dapat kita pakai untuk buat on-line shop saat ini, setau saya yakni WordPress, Blogspot, Opencart, Magento dan Prestashop. Tetapi untuk tutorial saat ini saya juga akan memakai WordPress dalam pembuatan on-line shop. Yakni dengan pertolongan plugin Woocommerce. Saya lebih prefer pemakaian WordPress, Blogspot, Opencart, Magento dan Prestashop karena didalamnya memiliki banyak kelebihan. Untuk wordpress sendiri kita dapat kustomisasi plugin dan theme. Berlainan dengan situs penyedia onlineshop automatis yang tinggal click segera jadi, janganlah berharap dapat tambahin plugin, penampilannya pun gitu gitu saja, gunakan subdomain juga (Ex : olshop. subdomain. com) keliatan abal-abal kan? 😀 Oke tutorial kesempatan ini saya pakai WordPress, untuk CMS yang lain juga akan saya ulas di next artikel.

Sediakan Bahan dan Install WordPress
Berikut beberapa bahan yang diperlukan untuk buat on-line shop pada CMS WordPress :

  • Domain 
  • Hosting 

Bukannya berbayar? Tenang saja, keduanya dapat anda peroleh gratis kok. Untuk domain dan hosting gratis dan tutorial install WordPress dapat anda dapatkan di sini. Bila anda memakai hosting sendiri janganlah lupa atur nameservernya. (setiap hosting memiliki nameserver berlainan, bila bingung tanyakanlah pada penyedia layanan hosting anda).

Install Plugin Woocommerce 
Install dan aktifkan plugin Woocommerce yang ada pada plugin library wordpress. Kemudian ikuti setiap instruksi instalasi. Untuk tutorial lebih detilnya dapat anda dapatkan di sini.

Optimalkan WordPress 
Situs telah jadi, saat ini saatnya optimalkan. Di sini optimalkan yang saya maksud mencakup penambahan kecepatan loading situs. Karenanya perlu memberikan beberapa plugin referensi dari saya yang bisa anda saksikan di sini. Untuk cara installnya sama dengan install Plugin Woocommerce di atas.

Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta barat

Berikan SSL (HTTPS) 
Miliki on-line shop tentu masalahnya sama uang. Karenanya perlu yang namanya sekuriti buat situs, agar aman. Sekuriti yang saya maksud tidaklah pak satpam yang siap jagalah 24 jam loh ya 😀. Jadi dalam situs dapat kita berikan yang namanya SSL atau https dimuka nama domain. Seperti situs (blog) saya nih pakai SSL. Untuk peranan dan cara pasangnya dapat anda dapatkan di sini. Gratis kok. Atau bila ingin tau penyedia SSL gratis yang beda, nih di sini. 😀 (Bila telah memakai CDN Cloudflare langkah ini dapat dilalui)

Submit Situs di Google Webmaster Tools 
Setelah situs sudah siap, langkah penting yang perlu di ambil yaitu submit URL situs di Webmaster Tools. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar situs kita diindex oleh Google hingga keluar di daftar pencarian search engine Google. Untuk tutorialnya dapat anda dapatkan di sini.

Promosikan Website 
tahap selanjutnya yaitu promosikan situs. Maksudnya ya agar situs kita kebanjiran pengunjung. Tujuan utama promosi dapat memakai jalur media sosial. Facebook dan Instagram adalah media sosial paling ramai untuk saat ini. Tak ada kelirunya setiap hari atau sekian hari sekali kita berbagi URL situs di Sosial Media. Janganlah lupa pakai kiat bait click agar pengunjung penasaran untuk click link situs kita. Contoh : Jual Baju Batik Murah Meriah dengan photo Juicetin Bieber pakai batik.

Nah sekian tutorial buat situs on-line gratis, Untuk tutorial up-date product juga akan saya terangkan pada artikel setelah itu. Selamat coba dan mudah-mudahan berguna.

You Might Also Like

0 komentar